Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia berbasis Etnomatematika Rumah Adat Baileo

Silawane, Hemlia (2022) Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia berbasis Etnomatematika Rumah Adat Baileo. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berbasis etnomatematika rumah adat baileo, dan (2) untuk mendekripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan pendekatan PMRI berbasis Etnomatematika Rumah Adat Baileo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbasis Etnomatematika Rumah adat baileo menunjukan kemampuan literasi matematis siswa pada penelitian ini meliputih lima aspek, yaitu kemampuan komunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan argument, penggunaan bahasa simbol pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) berbasis etnomatematika rumah adat baileo secara keseluruhan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor ketuntasan dari siklus I mencapai 32% dan mengalami peningkatan sebesar 68 pada siklus II mencapai 100%. Hasil analisis angket respon siswa menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbasis etnomatematika rumah adat Baileo untuk setiap aspek kemampuan literasi matematis mencapai kategori sangat tertarik atau sangat baik. Respon peserta didik dari siklus I sampai ke siklus II, untuk setiap aspek pemahaman, motivasi dan ketertarikan peserta didik mencapai kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd. / Fahruh Juhaevah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Literasi matematis, matematika realistik Indonesia, Etnomatematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 May 2023 01:19
Last Modified: 23 May 2023 01:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item