Ailatat, Silfia (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
Text
Lampiran-Lampiran.pdf Download (523kB) |
Abstract
Emotional Quotient (EQ) merupakan kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerja sama. Salah satu indikator tercapainya prestasi belajar adalah dengan diketahuinya prestasi belajar yang dicapai oleh siswa sebagai subyek belajar. Prestasi belajar merupakan pencerminan yang dicapai siswa setelah usaha belajar yang dilakukannya selama jangka waktu tertentu. Dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa merupakan salah satu faktor terhadap prestasi belajar. Masalah yang dingkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu Barat serta seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengukur pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yakni sejak tanggal 14 Juni – 14 Juli 2021. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu Barat yang berjumlah 45 orang siswa. Sampel tersebut terdiri dari 2 kelas yakni kelas VIIa yang berjumlah 22 siswa, kelas VIIb yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitain dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emeosional terhadap prestasi belajar siswa Peneliti memberikan kuisioner kecerdasan emeosional kepada masing-masing siswa. Siswa meyesuaikan dengan pengetahuan/pengalaman kemudian mengisi pernyataan pada kuisioner. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,002 < 0,05 yang artinya seluruh varian pada variabel kecerdasan emeosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Janaba Renngiwur, M.Pd / Laila Sahubawa, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 05:02 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 05:02 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3961 |
Actions (login required)
View Item |