Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon

Rahantan, Abdul Latif (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Kecerdasan emosi perlu diasah sejak dini karena kecerdasan emosi merupakan salah satu proses keberhasilan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan anak dalam mengembangkan kecerdasan emosinya, berkorelasi positif dengan keberhasilan akademis, social, dan kesehatan mentalnya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon dan untuk mengetahui besar pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan instrument dokumentasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa yang dilakukan sejak tanggal 20 September 2022 sampai dengan 20 Oktober 2022. Berdasarkan pembahasan pada bab empat tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional (variabel X) terhadap prestasi belajar biologi siswa (variabel Y) di kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon adalah 0,932%. Sehingga pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon. Serta besar pengaruh kecerdasan emosional (variabel X) terhadap prestasi belajar biologi siswa (variabel Y) kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon adalah 61,7%, dan 38,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti disiplin belajar atau motivasi belajar siswa yang baik,minat belajar siswa, atau bisa juga dari kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan biologi, dan pada pengujian hipotesis H1 terima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd. / Janaba Rengiwur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2023 00:49
Last Modified: 24 Nov 2023 00:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item