Rusby, Istiqamah (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X MAN 1 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
11. BAB II PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
14. BAB V PENUTUP.pdf Download (55kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (653kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MAN 1 Maluku Tengah dan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkalan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MAN 1 Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Penelitian ini dimulai dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2023. Lokasi penelitian ini di Man 1 Maluku Tengah. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan tahap kondensasi data (data condensation), tampilan data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conlusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu dengan cara memancing perhatian peserta didik dengan cara memberikan pertanyaan atau contoh yang berkaitan dengan materi yang akan dibawakan. Sebagai guru juga harus memiliki karakter 3 S (senyum, sapa, santun) dan memperhatikan suasana kelas agar proses pembelajaran terasa lebih tenang dan nyaman sehingga peserta didik dengan senang hati mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Metode tanya jawab yaitu suatu metode yang dimana guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik dan peserta didik menjawabnya, atau sebaliknya peserta didik bertanya kepada guru dan guru menjawab pertanyaan dari peserta didik itu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhajir Abd. Rahman, M.Pd.I., / Eko Wahyunanto Prihono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 01:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 01:53 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4055 |
Actions (login required)
View Item |