Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Stem ( Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas VII SMP

Tuarita, Nurjena (2022) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Stem ( Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas VII SMP. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kefektivan bahan ajar interaktif berbasis video pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 27 Maluku Tengah dan (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar interaktif berbasis video pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 27 Maluku Tengah. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh sugiono. Langkah-langkah pengembangan ini terdiri dari 7 langkah, yang meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk dan (7) revisi prosuk. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan soal tes. Kualitas bahan ajar memiliki tiga indikator diantaranya, indikator kevalidan, indikator kepraktisan dan indikator keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian untuk kevalidan, bahan ajar memperoleh 66,66% yang artinya valid. Untuk kepraktisan bahan ajar diperoleh dari penilaian guru dan siswa dimana kepraktisan oleh guru adalah 75% dan kepraktisan oleh siswa adalah 79,48% yang diinterpretasikan dinyatakan praktis, untuk indikator keefektifan diantaranya respon siswa terhadap bahan dengan perolehan 79,76% yang diinterpretasikan dinyatakan baik dan nilai N-Gain dengan perolehan nilai 0,56 dengan ketegori sedang yang artinya efektif. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd. / Fahruh Juhaevah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Video Interaktif, Pendekatan STEM
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 08 Dec 2023 00:45
Last Modified: 08 Dec 2023 00:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item