Kelian, Megawati (2023) Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Materi Sel dan Jaringan Tumbuhan di SMA Negeri 1 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
Halaman Awal.pdf Download (625kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (231kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (286kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (89kB) |
|
Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kesulitan belajar yang dialami setiap individu tentulah berbeda-beda. Hal tersebut dapat dilihat dari motif, intelegensi dan emosi, kecepatan menangkap pelajaran, pembawaan, serta lingkungan. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat kesulitan belajar peserta didik yaitu dengan melihat hasil belajarnya. Kesulitan yang dialami peserta didik pada materi sel dan jaringan tumbuhan sangat berpengaruh dalam proses belajarnya, meliputi cara berpikir dan hasil belajar yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI pada materi sel dan jaringan tumbuhan dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI pada materi sel dan jaringan Tumbuhan di SMA Negeri 1 Bula. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket pada subjek yang berjumlah 15 siswa dengan nilai dibawah KKM 62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitasn belajar siswa pada materi sel dan jaringan tumbuhan kelas XI SMA Negeri 1 Bula berdasarkan tes identifikasi kesulitan belajar diperoleh siswa dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 3 siswa, kriteria tinggi sebanyak 5 siswa, kriteria cukup sebanyak 2 siswa, kriteria rendah sebanyak 4 siswa dan kriteria sangat rendah sebanyak 1 siswa serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI dalam memahami materi sel dan jaringan tumbuhan di SMA Negeri 1 Bula terbagi menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhammad Rijal, M.Pd. / Tri Santi Kurnia, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 00:49 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 00:49 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4114 |
Actions (login required)
View Item |