Hubungan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Madrasah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik MIS Almadinah Ambon

Sinaga, Lili (2023) Hubungan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Madrasah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik MIS Almadinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung digunakan untuk menunjang proses pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar seperti gedung, ruang kelas meja, kursi serta alat-alat dan media pengajaran. Sedangkan minat belajar adalah keinginan hati yang tinngi untuk berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sarana prasarana pembelajaran dengan minat belajar perta didik. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui variabel dalam penelitian yaitu Variabel X independen adalah sarana dan prasarana Variabel Y dependen adalah minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian deskripsi korelasional dengan metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh peserta didik Kelas 1 sampai Kelas 6 MIS Almadinah Ambon yang terdiri dari 87 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripif, uji insrumen penelitian, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS, dan Excel. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa sarana prasarana pembelajaran di MIS Almadinah Ambon termasuk pada kategori cukup dengan 58% sedangkan unuk minat belajar peserta didik termasuk ketegori cukup 59%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana prasarana pembelajaran dengan minat belajar peserta didik MIS Almadinah Ambon. Berdasarkan hubungan X terhadap Y dapat di ketahui pada nilai sig atau r² yang terdapat pada output SPSS statistik, bagian hasil uji F pada tabel anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020 artinya < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ketersediaan sarana dan prasarana sekolah berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik MIS Almadinah Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Hayati Nufus, M.A.Pd /Iga Ayu Intan Candra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Pembelajaran, Minat Belajar Peserta Didik.
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:46
Last Modified: 21 Dec 2023 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item