Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen dalam Transaksi Online Shop (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah IAIN Ambon)

Wally, Rasmiyati Amir (2024) Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen dalam Transaksi Online Shop (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah IAIN Ambon). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (736kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pandangan Ekonomi Islam tentang Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Dalam Transaksi Online Shop. Penelitian mengambil lokasi pada Kampus IAIN Ambon Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu jenis penelitian yang menggambarkan kejadian, fenomena yang terjadi dilapangan sebagaimana adanya sesuai dengan kenyataan yang ada. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait perilaku konsumen kepercayaan dan kepuasan dalam online shop. Hasil Peneliti menenjukan bahwa. 1. Kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap pelanggan pada online shop aplikasi Shopee dan Tiktok merupakan faktor utama dalam memicu minat konsumen untuk melakukan pembelian secara online dimana semakin tinggi derajat kepercayaan konsumen maka semakin tinggi pula tingkat pembelian niat konsumen bahkan dilakukan secara berulang-ulang. Kepuasan konsumen dalam transaksi online shop adalah dengan semakin meningkatnya kemudahan dalam penggunaan teknologi informasi maka online shop memiliki reputasi yang baik, sehingga terciptanya kepuasan konsumen untuk menggunakan secar qa berkelanjutan. 2. Bagaimana kepercayaan dan kepuasan terkait transaksi jual beli online dalam perspektif ekonomi islam mengatakan online shop adalah sebuah transaksi online harus tetap berpegang pada prinsip dan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti menghindari gharar dan maysir. Namun terdapat akad wakalah dalam sistem keagenan jual beli online karena agen adalah perorangan atau badan usaha yang membantu pengusaha dalam menjual barang kepada pelaku usaha lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Husin Wattimena, M. Si. / Pembimbing II : Arizal Hamizar, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Online Shop, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:16
Last Modified: 24 Feb 2025 01:16
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item View Item