Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Implementasi pembelajaran berbasis Quizizz terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Ode, Cantika (2025) SKRIPSI_Implementasi pembelajaran berbasis Quizizz terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (573kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan kognitif adalah kemampuan siswa dalam berpikir, memproses informasi, dan menerapkannya dalam pembelajaran. Kemampuan kognitif sangat penting dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, karena membantu siswa memahami konsep dasar, menganalisis, dan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah penggunaan Quizizz dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis Quizizz pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII3 SMP Muhammadiyah Ambon dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes pretest-posttest. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji N-Gain dan uji hipotesis paired sample t-test serta diperkuat dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil paired sample t-test dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Quizizz dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa secara signifikan. Uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori sedang. Nilai rata-rata pretest 59,32 meningkat menjadi 78,40 pada nilai posttest dengan presentase kenaikan sebesar 19,08%. Selain itu, standar deviasi meningkat dari 8,10 menjadi 12,61 atau sekitar 4,51% yg menunjukkan bahawa kemampuan kognitif siswa semakin meningkat. Dengan demikian, pembelajaran berbasis Quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa, khususnya dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal-soal SPLDV. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media berbasis Quizizz dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Quizizz, Kemampuan Kognitif, Materi SPLDV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Mariana, M.Si Pembimbing II: Nurlaila sehuwaky, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 28 Nov 2025 05:25
Last Modified: 28 Nov 2025 05:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item