Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga pendidik Bidang Studi Al-Qur’an Hadis di MTs. Al-Anshor Ambon

Harpianti, Wa Ode (2023) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga pendidik Bidang Studi Al-Qur’an Hadis di MTs. Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (677kB)
[img] Text
PEDOMAN OBSERVASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
REKOMENDASI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
IZIN PENELITIAN.pdf

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik pada proses pembelajaran al-Qur’an Hadis serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik Bidang Studi al-Quran Hadis di MTs. Al-Anshor Ambon Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Dengan waktu penelitian 1 Agustus 2022 sampai dengan 1 September 2022 dengan subjek penelitian adalah Informan dalam penelitian ini adalah: kepala Madrasah dan tiga orang tenaga pendidik al-Qur’an Hadis, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Manajemen kepala Madrasah di MTs Al-Anshor Ambon terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan yang dilakukan terdapat visi dan misi madrasah, program kerja seperti pembagian tugas tenaga pendidik, pelaksanaan tata tertib, pengorganisasian terdiri dari kurikulum didalamnya silabus, dan RPP, dan penilaian/evaluasi terdiri dari penilaian harian. Pelaksanaan, yakni memberikan kesempatan pada tenaga pendidik untuk mengikuti pelatihan, seminar, dan kegiatan yang berkaitan dengan kompetensi profesionalisme tenaga pendidik. Pengawasan, kepala Madrasah selaku manajer memberikan penilaian kepada tenaga pendidik terdiri dari silabus, program tahunan, program semester, KKM, RPP, penilaian K13, agenda harian, kalender pendikan, hari efektif, jadwal pelajaran, absensi kelas, dan daftar nilai. Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik diantaranya: a.Faktor Pendukung; Pelaksanaan KKG yang terjadwal sebulan sekali, kemudian dalam jangka panjangnya tenaga pendidik mengikuti program diklat (tenaga pendidikan dan pelatihan), seminar, PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), dan workshop yang diadakan oleh dinas tenaga pendidikan atau diklat mandiri atau mengikuti seminar terkait dengan kompetensi profesional tenaga pendidik. b. Faktor Penghambat; 1). Masih sedikitnya tenaga pendidik honor Al-Qur’an Hadits yang sudah sertifikasi; 2). Manajemen waktu para tenaga pendidik dan staf yang belum optimal; 3). Rendahnya kesadaran oknum tenaga pendidik tertentu dalam melaksanakan tugas tanggung jawabnya; 4). Sebagian besar tenaga pendidik hanya memakai RPP dari tahun sebelumnya 5). Kurang maksimalnya tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nur Hasanah, M.S.I / E. M. Dhuhani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Madrasah, Profesionalisme Tenaga pendidik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:05
Last Modified: 30 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4027

Actions (login required)

View Item View Item