Penggunaan Bahan Ajar Menulis Berbasis Teks Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas V di SDN Tonu Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat

Amalia, Maya (2023) Penggunaan Bahan Ajar Menulis Berbasis Teks Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas V di SDN Tonu Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis pada peserta didik kelas V di SDN Tonu Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat dalam penggunaan bahan ajar menulis berbasis teks dan mengetahui keefektifan bahan ajar menulis berbasis teks. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest. Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini Menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini kelas V yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan kelas VI berjumlah 23 sebagai kelas Kontrol, total sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Meliputi: (1) statistik deskriptif, dan (2) statistik inferensial dengan Uji-t. Hasil data diperoleh dari nilai awal (pretest) dan nilai akhir (posttest). Indikator keterampilan menulis yang digunakan yaitu isi/gagasan, organisasi isi, tata bahasa, gaya: pilihan struktur dan kosa kata, dan ejaan. Hasil keterampilan menulis peserta didik mengalami peningkatan dengan Nilai pretest tertinggi pada kelas Eksperimen yaitu Naisya Bella Anya yaitu 87 dengan kriteria baik. Naisya Anya Bella lebih memahami indikator isi atau gagasan, dan organisasi isi. Nilai terendah yaitu Nur Andini Latilo, Ari Saputra, dan Ode Neli yaitu dengan nilai 72 dengan kriteria cukup. Nilai post-test yang tertinggi yaitu Wa Asnia Baidin dan Wa Silfa dengan nilai 98, dengan kriteria sangat baik dan memiliki peningkatan pada keterampilan menulis dengan indikator isi atau gagasan, organisasi isi, tata bahasa, gaya, dan ejaan tata tulis. Nilai terendah yaitu Wa Ode Qiran Qairan yaitu dengan nilai 83 telah memahami aspek indikator isi atau gagasan, organisasi isi, gaya tulisan dengan kriteria baik. Nilai pretest tertinggi pada kelas Kontrol yaitu Wa Ainun Nabila Harmin yaitu 71 dengan kriteria cukup dan lebih memahami indikator isi atau gagasan, dan organisasi isi. Nilai terendah yaitu Ode Zulfikar dengan nilai 53 dengan kriteria kurang dan aspek lebih memahami indikator isi atau gagasan. Nilai post-test yang tertinggi yaitu Andayani, Wa Erni, dan Wa Mayu dengan nilai 78 dengan kriteria baik dan memiliki peningkatan dengan aspek indikator isi atau gagasan, organisasi isi, gaya, dan ejaan tata tulis. Nilai terendah yaitu Wa Supina yaitu dengan nilai 69 dengan kriteria cukup dan lebih memahami indikator isi atau gagasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis kelas Eksperimen pada pretes dengan nilai rata-rata 78.34 dan posttest 92.31 dan kelas kontrol nilai rata-rata pada pretest 65.96 dan posttest 75.65 antara penggunaan bahan ajar menulis berbasis teks dengan buku pembelajaran yang digunakan guru. Hasil uji hipotesis menunjukan t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka Hₒ ditolak dan Ha diterimah. Uji N-gain menunjukan nilai sebesar 0,7, berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan bahan ajar menulis berbasis teks dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas V di SDN Tonu Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar menulis berbasis teks lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas V di SDN Tonu Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, M.Pd / Wa Mirna M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Keterampilan Menulis, Pembelajaran berbasis teks
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:10
Last Modified: 14 Dec 2023 03:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item